eat. pray. (occasionally) love.

Sebenarnya sudah cukup lama saya tahu mengenai buku nya, jauh sebelum bukunya sendiri masuk ke indonesia dan masih hangat-hangatnya diperbincangkan di amerika.
snobbish? no no noo..
saya tahunya juga karena ada re-run oprah di tivi kok. ketika itu elizabeth gilbert, sang penulis, menjadi tamu di talkshow Ms. winfrey tersebut.

tahu tentang kesuksesan bukunya belum cukup membulatkan niat saya untuk membeli buku nya, yang waktu itu belum ada edisi bahasa indonesianya & masih paperback version. tapi ketika sudah ada terbitan indonesianya pun saya tetap tidak sempat-sempat beli. sampai akhirnya, edisi filmnya yang diperankan oleh julia roberts-pun di release.

garis besar cerita bukunya saya memang sudah tahu, tapi supaya tetap eksis & tetap up date dengan social pressure yang latahan di indonesia (perlu dijelasin lebih detail?), akhirnya saya pergi menonton film eat pray love dengan harapan filmnya akan menjelaskan fenomena kesuksesan bukunya. jujur, saya sih kurang menikmati filmnya..maklum, otak saya lebih memilih film action yang 'less thinking, more entertainment' dibanding film jenis eksplorasi jiwa & way of life. i mean, what's the big deal? she got divorce, moved to italy, to india and then bali. that's all, right? dan dalam perjalanan ini liz mengalami metamorphosis dalam cara ia memandang dunia & pemahaman dia akan keseimbangan hidup (sangat self-help book banget deh).

tapi ketika menonton eat pray love, saya menangkap beberapa quote yang menurut saya sangat bagus.. you see, i'm a sucker for quotes. jadi ketika sudah selesai menonton filmnya & ada waktu luang, saya langsung mengetik "eat pray love quotes" di blackberry andalan, dan akhirnya mendapatkan lebih banyak lagi quote-quote menarik yang diambil dari bukunya. ternyata versi aslinya (inggrisnya) memaparkan petuah-petuah liz gilbert dalam bahasa yang menurut saya lebih 'kena'. very inspiring words indeed.

here's some that i found:
  • "I’m here. I love you. I don’t care if you need to stay up crying all night long, I will stay with you. There’s nothing you can ever do to lose my love. I will protect you until you die, and after your death I will still protect you. I am stronger than Depression and I am braver than Loneliness and nothing will ever exhaust me."
  • "When I get lonely these days, I think: So BE lonely, Liz. Learn your way around loneliness. Make a map of it. Sit with it, for once in your life. Welcome to the human experience. But never again use another person's body or emotions as a scratching post for your own unfulfilled yearnings."
  • "To lose balance sometimes for love is part of living a balanced life."
  • "eventually, everything goes away."
  • "God lives within me, as me"
so, i'm sold.
the words are very touching, there's no way to translate that into a 2 hour movie..
sepertinya memang harus baca bukunya daripada menonton film-nya..




Komentar

Postingan Populer